(Uniqly) Sasak Culture


Bali sama dengan Lombok tapi Lombok tidak sama dengan Bali....

Kenapa?

Usut punya usut ternyata apa awalnya ketika masih jaman kerajaan, Lombok adalah sebuah kerajan yang terkenal, namanya "Kerajaan Mataram". Kerajaan ini adalah salah satu jajahan dari Kerajaan Karang Asem di Bali. Dalam perkembangannya sedikit banyak kebudayaan Lombok atau suku sasak yang dominan beragama Islam dipengaruhi oleh kebudayaan Bali yang dominan beragama Hindu. Masyarakat kedua suku tersebut sampai saat ini hidup berdampingan dengan tenang saling berhubungan baik tanpa adanya rasa saling merendahkan.

Hampir sebagian kebudayaan Bali bisa ditemukan di Lombok. Mulai dari "Ngaben", bangunan Pura, upacara atau sembahyang arang Hindu, dll. Tapi Lombok mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki Bali. Misalnya, kebudayaan asli suku sasak dan berbagai ritual yang dilakukan untuk menghormati leluhur.

Kebudayaan asli Lombok masih tetap dipertahankan. Masih terdapat beberapa desa adat yang dipertahankan sebagai icon suku sasak. Salah satunya adalah Kampung Sade. Kampung ini terdiri dari sekitar 200 kk yang masih memegang teguh adat istiadatnya. Rumah khas suku ini semi permanen, atapnya jerami, dan lantainya terbuat dari tanah campuran semen serta kotoran sapi. Kotoran sapi digunakan secara rutin untuk melapisi lantai rumah mereka agar terlihat licin dan mengkilap. Selain itu, dibuat lumbung padi bersama untuk menyimpan hasil panennya.

Masyarakat di Kampung Sade, pada umumnya petani dan pengrajin kain tenun Lombok (perempuan). Hampir setiap rumah di Sade menjual hasil tenunannya kepada pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Barang-barang yang dijual antara lain: kain tenun, syal, mainan, assesoris, dll. kegiatan para remajanya adalah menjadi guide dan menemani pengunjung yang datang.


Di samping kain tenunan khas, disini juga adalah surga bagi pecinta perhiasan terutama mutiara. Berbagai mutiara dalam bentuk, ukuran, dan warna serta kualitas yang beragam. Ada mutiara air laut yang harganya mahal dan ada mutiara budidaya air tawar yang relatif lebih murah. Mutiara yang ditawarkan berkisar antara 10 ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas yang diinginkan.

Selain dimanjakan dengan keunikan budaya dan beragam souvenir yang ditawarkan Lombok adalah sebuah pulau yang memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Keindahan daarah pegunungan hingga pantai bisa dilihat disini. Gunung Rinjani menjadi salah satu wisata pendakian yang menjadi sasaran wisatawan yang datang dan daerah pegunungan Hutan Lindung Sesaot sebagai catchment area untuk air masyarakat Lombok. Daerah pantai yang masih bersih dan alami menjadi daya tarik lainnya yang tidak kalah dengan pantai-pantai yang ad di Pulau Bali.













Read Users' Comments (0)

0 Response to "(Uniqly) Sasak Culture"

Post a Comment